Pengolahan Big Data dengan Menggunakan Matlab

Big Data Dengan Matlab
Big Data Dengan Matlab

JAKARTA, NusamandiriNews — Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan workshop penggunaan matlab untuk pengolahan big data. Webinar ini digelar secara daring pada Sabtu (11/12), pukul 09.00-12.00 WIB. Narasumber yang hadir yaitu Rahmadya Trias H, konsultan Analis Data, didampingi oleh moderator Rani Irma Handayani, dosen UNM.

Rahmadya Trias mengatakan, big data merupakan kumpulan data yang sangat besar, kompleks dan terus bertambah setiap waktu.

Baca juga: Webinar Trend Karir Lulusan Talenta Digital Prodi Sistem Informasi UNM Sukses Digelar

Big Data Dengan Matlab

“Istilah big data mengacu pada data yang sangat besar, cepat atau kompleks sehingga sulit atau tidak mungkin untuk diproses menggunakan metode tradisional. Tindakan mengakses dan menyimpan sejumlah besar informasi untuk analitik sudah ada sejak lama. Tetapi konsep big data mendapatkan momentum di awal tahun 2000-an. Salah satu software yang bisa digunakan untuk mengolah big data tersebut yaitu dengan menggunakan software matlab,” jelasnya pada materi yang disampaikan, Sabtu (11/12).

Selanjutnya, ia menjelaskan, matlab merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, tertutup, dan case sensitive dalam lingkungan komputasi numerik yang dikembangkan oleh MathWorks.

“Matlab juga salah satu bahasa pemrograman yang paling populer saat ini untuk engineers dan scientists. Dimana hal tersebut memungkinkan analisis data yang bekerja secara efisien, meskipun dengan data dalam jumlah besar (big data),” ungkapnya.

Baca juga: Virtual Workshop Machine Learning for Computer Vision : Image Processing with Matlab

Sementara itu, Sukmawati Anggraeni Putri selaku ketua prodi (kaprodi) Sistem Informasi UNM menyampaikan bahwa, workshop ini dilaksanakan dengan praktikum langsung diikuti oleh peserta. Para peserta mengerjakan beberapa studi kasus dan menggunakan software matlab.

“Dengan dilaksanakannya webinar ini semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan mahasiswa mengenai aplikasi mathlab. Dimana bisa menjadi bekal dalam membuat skripsi mau pun penelitian ilmiah lainnya,” tutupnya. (UMF)