Kader PKK Ragunan Terima Hibah Website E-Commerce dari Dosen UNM Untuk Tingkatkan Ekonomi Keluarga dan Kesejahteraan Lingkungan

Hibah Website E-Commerce
Hibah Website E-Commerce

Jakarta, NusamandiriNews – Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di wilayah kelurahan Ragunan, Jakarta Selatan, telah menerima hibah berupa website e-commerce yang ditujukan untuk membantu pengembangan usaha dan ekonomi keluarga. Program ini merupakan bagian dari Hibah PKM 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) untuk Tahun Anggaran 2024. Kegiatan penyerahan dan pelatihan penggunaan website ini berlangsung pada Kamis, 12 September 2024, di Hotel Sahati dengan partisipasi aktif kader PKK setempat.

Program hibah ini tidak hanya penyerahan website namun pendampingan penggunaan website tersebut selama 2 tahun kedepan, program ini dipimpin oleh Rani Irma Handayani, dosen Kampus Digital Binis Universitas Nusa Mandiri (UNM), yang berkolaborasi dengan tim anggota yaitu Setiaji dan Titin Kristiana. Kegiatan ini juga melibatkan partisipasi mahasiswa Universitas Nusa Mandiri, yakni Sarah Aprilia dan Heni Listianingrum, yang membantu proses pelatihan dalam menggunakan website e-commerce tersebut.

Baca juga: Penggunaan Aplikasi Pengelolaan Bank Sampah dan Laporan Keuangan Berbasis Website

Hibah Website E-Commerce

Rani Irma Handayani sebagai ketua mengungkapkan bahwa hibah ini bertujuan untuk mendorong kader PKK di Ragunan agar lebih “melek” teknologi dan memanfaatkan platform digital dalam mengembangkan usaha, terutama produk-produk rumahan yang menjadi andalan keluarga.

“Kami berharap melalui hibah website e-commerce ini, kader PKK Ragunan dapat lebih produktif dan mampu meningkatkan pendapatan keluarga melalui pemasaran produk secara daring dan tentu saja go nasional, jelas Rani dalam pernyataan yang diterima pada Selasa (17/9).

Selain itu, Titin sebagai anggota juga menyebutkan bahwa program ini sejalan dengan visi Kemdikbudristek dalam mendukung transformasi digital, khususnya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan teknologi.

Baca juga: Inovasi Digital dan Packaging Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk, Dosen Universitas Nusa Mandiri Penerima Hibah DRTPM Gelar Pelatihan Pada Kader PKK Ragunan

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari Pembina PKK Ragunan, Diding Atmawinata. Ia menyampaikan harapannya agar program ini dapat berlanjut dan diterapkan secara berkelanjutan.

“Kami sangat berterima kasih atas hibah website e-commerce ini. Dengan adanya pelatihan dan dukungan dari Universitas Nusa Mandiri, kami berharap para kader PKK dapat semakin mahir dalam berbisnis online dan produk-produk buatan kami bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat dan menjadi inspirasi untuk PKK kelurahan lainnya di DKI Jakarta,” ujarnya. (UMF)