Berbekal Ilmu dari Nusa Mandiri Career Center Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Lolos Magang di PT Pertamina

Jakarta, NusamandiriNews – Menjadi suatu perestasi yang membanggakan bagi Universitas Nusa Mandiri. Melalui Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) yang merupakan salah satu realisasi dari program kampus merdeka yang dicetuskan Kemendikbud menjadi dasar program link and match perguruan tinggi dengan dunia industri.

Mahasiswa Tehnik Informatika Universitas Nusa Mandiri (UNM) kampus Damai, bernama Wahyuditama Caesaramdany berhasil lolos PMMB. Ia berhasil lolos program magang bersertifikat dengan mengikuti proses seleksi magang, dibantu oleh pihak FHCI dan NCC (Nusa Mandiri Career Center).

Baca Juga : Universitas Nusa Mandiri Siapkan Kegiatan Sosialisasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN & Industri

Wahyuditama Caesaramdany melaksanakan magang kerja di PT Pertamina Persero yang merupakan perusahaan BUMN yang bergerak di bidang Minyak dan Gas Nasional ternama di Indonesia.

Wahyuditama berharap dengan mendapatkan kesempatan magang di PT Pertamina Persero, bisa memperoleh pengetahuan yang terkait dengan dunia kerja.

“Kegiatan magang bersertifikat ini sebagai sarana latihan dan penerapan ilmu yang didapat selama perkuliahan dan untuk menambah pengetahuan, wawasan, juga pengalaman di dunia kerja,” ungkapnya dalam keterangan pers, Jumat (16/7).

Kegiatan magang kerja ini dilaksanakan selama 6 bulan terhitung mulai bulan Februari sampai dengan Agustus 2021. Kegiatan magang ini dilaksanakan di PT Pertamina Persero (Holding), khususnya di bagian Pertamina Standardization and certification (PSC) Dirjen SDM Pertamina.

“Pada bagian manajemen ini saya mendapat tugas mempertimbangkan suatu Standard Manajemen agar System Tata Kerja (STK) Pegawai/karyawan sesuai standard yang ditentukan,” katanya.

Kegiatan magang bersertifikat dibimbing oleh bagian Analisis Manajemen selaku pembimbing lapang dalam kegiatan magang kerja, selaku fasilitator yang memberikan petunjuk serta informasi bagi peserta magang sesuai dengan topik yang akan dikerjakan selama kegiatan magang berlangsung.

Muhammad Faisal, selaku kepala bagian NCC menyampaikan metode pelaksanaan praktik kerja dilakukan dengan harapan peserta magang mampu melakukan manajemen review juga proses penilaian standard manajemen. Sedangkan bidang penelitian dilakukan saat akan mencari informasi atau data yang dibutuhkan selama kegiatan magang.

“Kegiatan magang dilaksanakan di Quality Manajemen yang merupakan bagian dari Pertamina Standardization & sertification direktorat SDM Pertamina Persero. Kegiatan utama yang ada di Quality Manjemen  adalah input data hasil survey Sistem Tata Kerja dari setiap Sub Holding, merekap data dan pembuatan realisasi Quality Manajemen, data keuangan, data biaya dan Biaya Tenaga ahli untuk Training ISO series dari dalam atau luar PT Pertamina,” jelasnya.

Baca Juga : Tertarik Magang di BUMN? Universitas Nusa Mandiri Berikan Tipsnya!

Selama kegiatan magang berlangsung, mahasiswa melakukan kegiatan atau pekerjaan yang jarang bahkan sebelumnya tidak pernah dilakukan. Hal ini menjadi suatu tantangan tersendiri dalam menjalani kegiatan magang ini.

“Sehingga mahasiswa mampu mengasah kemampuan dan memperdalam lagi ilmu pengetahuannya. Semoga mahasiswa dapat mengambil pelajaran berharga dari program magang ini. Dan kelak mampu menjawab tantangan dunia industri dengan pengalaman berharga selama magang. Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan BUMN setelah lulus,” tutupnya.