Tertarik Magang di BUMN? Universitas Nusa Mandiri Berikan Tipsnya!

Jakarta, NusamandiriNews – Sebelum memulai kerja, tentunya ada proses pengenalan hingga menerapkan ilmu yang kita dapat di kampus di dunia kerja, atau dikenal dengan istilah “Magang”. Tentunya bagi kalian yang ingin  magang ingin memilih tempat magang diakui dan sudah dikenal oleh masyarakat. Dalam membantu mengenalkan seputar dunia Magang, Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali menggelar Sosialisai dan Workshop Program Magang melalui media zoom meeting, Rabu (14/7), acara ini di mulai pada pukul 10.00-12.00 WIB.

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

Arif Hidayat selaku wakil rektor bidang non akademik Universitas Nusa Mandiri (UNM) mengatakan dalam program bersertifikat ini, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri atau dunia profesi nyata selama satu sampai dua semester.

“Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hardskill maupun soft skill yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantap untuk memasuki dunia kerja dan kariernya,” ujarnya dalam keterangan pers, Sabtu (17/7).

Baca Juga : Universitas Nusa Mandiri Siapkan Kegiatan Sosialisasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat BUMN & Industri

Sementara itu, Muhammad Faisal selaku kepala unit Nusa Mandiri Career Center (NCC) menjelaskan bahwa PMMB menjadi program yang dapat memberikan pengayaan wawasan & keterampilan kepada mahasiswa.

Persiapan ini perlu untuk mempersiapkan SDM Indonesia yang unggul dalam menghadapi persaingan global melalui link & match antara industri dan perguruan tinggi. Juga akan banyak benefit, tantangan, persyaratan dari PMMB dan juga alur dari proses penerimaannya.

Menurut Faisal, magang bersertifikat yang disosialisasikan ada 3 program magang yang ada di Universitas Nusa Mandiri (UNM). Pertama ada MBKM Kementerian ATR/BPN, PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikat) dan MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) dari Kemendikbud Dikti.

Baca Juga : Berbekal Ilmu dari Nusa Mandiri Career Center Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Lolos Magang di PT Pertamina

Faisal menjelaskan, ada ketentuan agar bisa lolos Magang Bersertifikat. Pertama merupakan mahasiswa  aktif UNM dengan IPK minimal 3,00 untuk PMMB dan lainnya minimal 2,75. Sehat secara jasmani dan rohani juga tidak menuntut menjadi pegawai.

“Setelah itu mahasiswa juga harus bersedia magang minimal selama 6 bulan. Jangan lupa, transkip nilai juga menjadi pertimbangan bisa lolos atau tidak. Jadi pastikan nilai-nilai mata kuliahnya bagus-bagus ya, dengan rajin belajarnya,” jelasnya.