Mahasiswa Kampus Digital Bisnis UNM Ikuti Sosialisasi PKM

Bidang Kemahasiswaan Sosialisasi PKM
Bidang Kemahasiswaan Sosialisasi PKM

JAKARTA, NusamandiriNews – Mahasiswa dan Dosen Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) ikuti Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiwa (PKM). Kegiatan ini dilaksanakan secara daring oleh Bidang Kemahasiswaan UNM melalui Zoom pada Selasa (20/12).

Acara ini disambut dan dibuka oleh Wakil Rektor II Bidang Non Akademik, Arif Hidayat. Penyelenggaraan sosialisasi PKM in menghadirkan 2 narasumber yang memberikan informasi terkait PKM pada tahun 2022 dan persiapan untuk PKM tahun 2023.

Baca juga: UNM Gelar Sosialisasi Program Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa

Bidang Kemahasiswaan Kampus Digital Bisnis UNM Beri Sosialisasi PKM

Arif Hidayat selaku Wakil Rektor II Bidang Non Akademik berharap, kegiatan ini dapat membantu dosen dalam membimbing mahasiswa membuat proposal, serta mendorong mahasiswa agar mengembangkan ide kreatifnya.

“Semoga kegiatan ini mampu diterapkan dalam sebuah proyek PKM yang dikerjakan oleh mahasiswa dan dapat diimplementasikan di masyarakat. Seluruh ide bisa saja diperoleh dari metode amati, tiru dan modifikasi,” ungkap Arif.

Ia menambahkan, dari hasil kegiatan ini akan banyak proposal PKM berkualitas yang dikumpulkan sehingga banyak yang lolos dan didanai Pemerintah. Selain itu, UNM juga akan memberikan reward atau penghargaan kepada mahasiswa yang lolos didanai.

“Kampus UNM mendukung penuh mahasiswa untuk mengembangkan ide kreatifnya dan bisa ikut PKM. Selain itu, kampus UNM juga memiliki kebijakan dimana Program Studi (Prodi) akan memberikan apresiasi berupa bebas tugas akhir dan skripsi bagi kelompok mahasiswa yang lolos didanai PKM oleh Belmawa,” tegasnya.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui  Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) selaku pengelola PKM memberikan 10 pilihan skema PKM yang dapat dipilih, diantaranya PKM Riset Eksakta (PKM-RE), PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Karya Inovatif (PKM-KI), PKM Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Sementara itu, narasumber pertama sosialisasi PKM ini, Taopik Hidayat selaku staff Bidang Kemahasiswaan UNM memberikan informasi untuk mempersiapan pelaksanaan PKM tahun 2023.

Baca juga: Tingkatkan Kreativitas Dan Inovasi Mahasiswa, Universitas Nusa Mandiri Adakan Sosialisasi PKM

“PKM merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi. Dengan beberapa prestasi mahasiswa UNM pada pelaksanaan PKM, mulai dari 2017 hingga 2022 bisa lolos pendanaan,” ungkapnya.

Ia menyampaikan perlu adanya persiapan untuk menghadapi pelaksanaan PKM pada tahun 2023.

“Melihat perkembangan PKM dari tahun ke tahun pasti terdapat perubahan, maka banyak hal yang harus disiapkan. Mulai memikirkan ide-ide kreatif yang dapat menjadi temuan baru dan bermanfaat bagi masyaraikat,” tambahnya.

Pada kesempatan ini, narasumber kedua, Ummu Radiyah sebagai kepala Nusa Mandiri Innovation Center (NIC) memberikan informasi keuntungan mengikuti PKM.

“Mengikuti PKM itu banyak keuntungannya, bisa melatih kreativitas, melatih berfikir, melatih bagaimana berkomunikasi, dan masih banyak lagi yang bisa dikembangkan Ketika mengikuti PKM. Dengan ikut PKM, mahasiswa dapat menjadi lebih berkualitas dengan mengembangkan softskills yang pasti akan berguna baik selama perkuliahan maupun nanti di dunia kerja,” paparnya. (UMF)